+628-2222-91986 pujianto@tabungpemadamapi.com
Cara-Menggunakan-Alat-Pemadam-Kebakaran

Info Penggunaan APAR

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

Posted By Agus Sadeli

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran:  Ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan api yang tak terkontrol setidaknya sekali dalam hidup Anda., jadi memahami bagaimana menggunakan Alat Pemadam Kebakaran (Alat Pemadam Kebakaran ) adalah keahlian yang sangat penting. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan Alat Pemadam Kebakaran dalam keadaan darurat.

Panggil bantuan sebelum mencoba untuk memadamkan api yang serius.
Apinya mungkin akan merambat lebih cepat daripada yang Anda bisa tangani, dan jika pertolongan sedang dalam perjalanan, hal ini dapat menyingkirkan satu rasa kekhawatiran pada diri Anda.

  • Telepon, atau minta seseorang untuk menelepon, 911 untuk Amerika Utara, 999 untuk Inggris Raya, 112 untuk Uni Eropa dan banyak Negara lainnya (atau nomor darurat yang tepat untuk Negara Anda) secepat mungkin. Mintalah layanan pemadam kebakaran untuk datang sesegera mungkin, berikan alamat Anda dan deskripsi lengkap jenis api.
  • Periksa apakah semua orang sudah berada di luar rumah dan sudah membawa hewan peliharaan juga. Periksa apakah mereka telah berkumpul di titik temu yang aman. Jangan biarkan anak-anak untuk mencoba menggunakan Alat Pemadam Kebakaran atau mencoba memadamkan api dalam kondisi apapun.
  • Sadarilah bahwa beraksi terhadap api membutuhkan proses pengambilan keputusan yang anak-anak dan orang dewasa mungkin tidak mampu karena sedang menghadapi kepanikan Pelatihan awal penggunaan Alat Pemadam Kebakaran yang benar dapat mengurangi beberapa kekhawatira
 Periksa keamanan pribadi Anda sebelum memadamkan api.
Ada beberapa kunci yang bisa Anda gunakan sebelum mulai menggunakan Alat Pemadam Kebakaran :

  • Apakah Anda mampu secara fisik untuk memadamkan api? Beberapa orang memiliki keterbatasan fisik yang dapat menghalangi kemampuan mereka untuk menggunakan Alat Pemadam Kebakaran secara benar. Penyandang cacat, manula, atau anak kecil mungkin merasa bahwa Alat Pemadam Kebakaran terlalu berat untuk dipegang atau mungkin terlalu sulit bagi mereka untuk mengarahkan tekanan yang diperlukan untuk mengoperasikan Alat Pemadam Kebakaran .
  • Cari titik keluar. Pastikan bahwa ada titik keluar yang jelas untuk melarikan diri dengan segera jika hal ini diperlukan. Disepanjang waktu, jaga pikiran Anda tetap terfokus pada ketersediaan jalan keluar. Jika hal ini adalah ancaman, tinggalkan saat itu juga. Asosiasi Pemadam Kebakaran Amerika Serikat menyarankan supaya Anda memasang Alat Pemadam Kebakaran dekat pintu keluar, yang memudahkan Anda untuk melarikan diri jika api menjadi tidak terkontrol.
  • Jangan mencoba untuk memadamkan api di tempat yang dekat dengan asap beracun; jika Anda mencurigai atau sama sekali tidak tahu jika asap tersebut beracun, serahkan pada ahlinya.
  • Periksa keamanan struktur bagunan, untuk berjaga-jaga jika ada dinding, lantai, dan langit-langit yang dapat menimbulkan resiko pada keselamatan diri Anda.
  • Jika Anda memiliki lebih dari satu Alat Pemadam Kebakaran , pertimbangkan untuk meminta orang dewasa lainnya menggunakannya bersama dengan Anda.
  • Ingatlah bahwa hidup Anda lebih berharga daripada properti yang Anda miliki, jadi jangan tempatkan diri Anda atau orang lain dalam keadaan beresiko.
Perkirakan apinya.
Hanya kandungan api yang dapat dipadamkan dengan Alat Pemadam Kebakaran . Alat Pemadam Kebakaran yang bisa dibawa sangat berharga untuk memadamkan api kecil dengan segera karena mengandung jumlah material pemadam yang terbatas, yang perlu digunakan dengan benar karena jika tidak akan terbuang sia-sia. Sebagai contoh, jika sebuah panci awalnya terbakar, mungkin lebih aman dengan mematikan kompor, memasang tutup pada panci dan menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Pada waktu api menyebar, bagaimanapun juga, tindakan ini tidak memadahi, dan hanya petugas pemadam kebakaran terlatih yang dapat dengan aman memadamkan kebakaran tersebut.

  • Buatlah penilaian yang masuk akal secara singkat tentang peralatan dan keamanan menggunakan Alat Pemadam Kebakaran pada api yang sedang Anda hadapi. Sangatlah jelas, Alat Pemadam Kebakaran terlalu berlebihan untuk memadamkan lilin tapi akan menjadi sia-sia ketika seluruh rumah terbakar. Api pada keranjang sampah kertas, bagaimanapun, adalah kandidat lain yang tepat penggunaan Alat Pemadam Kebakaran .
  • Gunakan insting Anda. Jika insting Anda mengatakan apinya terlalu besar untuk ditaklukkan, percaya saja.
Periksa jenis Alat Pemadam Kebakaran.
Di Amerika Serikat, ada 5 jenis kelas utama Alat Pemadam Kebakaran (perhatikan bahwa kelas dan nomenklatur dapat berbeda di setiap Negara): A, B,C dan kelas yang kurang umum D dan K. Agen pemadamnya bisa jadi air, bahan kimia kering, halon, CO2, atau bubuk khusus.

  • Kelas A: Ini tepat digunakan untuk pakaian, kayu, karet, kertas, berbagai jenis plastik, dan kebakaran biasa. Alat Pemadam Kebakaran ini biasanya diisi dengan 2 1/2 gallon (9.46 litre) air bertekanan.
  • Kelas B: Ini tepat untuk minyak, bensin atau kebakaran berbasis minyak yang biasanya berisi bahan kimia kering. Alat Pemadam Kebakaran kurang dari 6lbs (2.72kg) tidak disarankan.
  • Kelas C: Tepat untuk kebakaran listrik yang disebabkan oleh peralatan, alat-alat, dan lainnya yang telah terpasang pada gir. Ini berisi halon atu CO2. Halon 1211 dan 1301 sangat mahal dan dapat mengikis lapisan ozon, tapi telah diganti oleh agen yang aman seperti FM200. Sebagai catatan bahwa halon sekarang ilegal pada banyak yuridikasi.
  • Kelas D: Ini digunakan untuk logam yang bereaktif terhadap cairan seperti magnesium yang terbakar dan biasanya ditempatkan pada pabrik-pabrik yang menggunakan logam tersebut. Alat Pemadam Kebakaran ini berbentuk bubuk yang akan menutupi bahan sehingga bisa memadamkannya.
  • Kelas K: Ini mengandung tujuan khusus agen kimia basah yang digunakan untuk kebakaran dapur dan penggoreng dalam untuk menghentikan kebakaran yang dimulai dari minyak sayuran, lemak hewan, atau jenis lemak lainnya yang pertama digunakan saat memasak makanan.
  • Perhatikan bahwa banyak Alat Pemadam Kebakaran akan bekerja pada kelas kebakaran yang terkombinasi. Anda harus memutuskan dengan cepat jenis api apa yang sedang Anda hadapi dan memastikan bahwa Alat Pemadam Kebakaran Anda cocok dengan api yang sedang Anda coba padamkan. Alat Pemadam Kebakaran berbahan kimia kering ABC segala macam jenis (10lb/4.5kg), cocok digunakan untuk semua jenis api, terutama jika Anda tidak yakin darimana asal api tersebut.
Siapkan Alat Pemadam Kebakaran .
Hampir semua jenis Alat Pemadam Kebakaran memiliki pin keamanan di pegangannya. Pin ini biasanya terlihat seperti cincin plastic atau cincin metal, kadang berwarna merah, yang berada di tempat bersegel plastik. Fitur khas akan bervariasi tergantung dari Alat Pemadam Kebakaran yang Anda miliki. Anda harus merobek segelnya dan menekan pin kemanan dari pegangan sebelum Anda bisa menggunakan Alat Pemadam Kebakaran dengan cara menekan tuasnya, yang membebaskan agen pemadam kebakaran.

  • Ini akan sangat membantu jika Anda telah terbiasa dengan cara kerja Alat Pemadam Kebakaran sebelum Anda berada dibawah tekanan; ambil waktu untuk mebaca instruksinya secra menyeluruh. Biasakan diri Anda dengan fitur-fitur dan bagian khusus. Alat Pemadam Kebakaran yang berbeda mempunyai metode penggunaan yang berbeda juga: berhati-hatilah pada hal ini sebelum Anda mulai menggunakannya.


Tujukan pada titik awal munculnya api.

Menembak pada kobaran api hanyalah membuang sia-sia Alat Pemadam Kebakaran , karena Anda tidak akan memadamkan sumber api tersebbut. Sangatlah penting untuk menghentikan api dari sumbernya, atau dengan menyingkirkan atau mengurangi bahan bakar dari api, dengan tujuan memadamkannya. Dengan berfokus menyemprotkan Alat Pemadam Kebakaran pada sumber api, Anda telah memadamkan bahan bakar pemicu api.

Ingatlah pada singkatan sederhana untuk menggunakan Alat Pemadam Kebakaran secara efektif.
P.A.S.S. singkatan dari: Pull (Tarik), Aim(Sasaran), Squeeze (Pencet), Sweep(Gerak cepat), dibawah ini penjelasan pada diagram yang dapat di print.

  • Pull (Tarik) pin keamanan dari pegangan. Pinnya terletak dibagian atas Alat Pemadam Kebakaran . Sekali diambil, akan melepaskan mekanisme penguncian, memungkinkan Anda untuk melepaskan pemadam.
  • Aim (Sasaran) nosel Alat Pemadam Kebakaran atau selang di titik api berasal. Seperti yang telah dijelaskan, hal ini bisa menyingkirkan sumber api berasal. Jaga tubuh Anda tetap rendah.
  • Squeeze (Pencet) pegang tuas secara perlahan untuk melapaskan agen pemadam. Dengan melepaskan pegangan akan menghentikan keluarnya agen pemadam, jadi tetap tekan.
  • Sweep (Gerak cepat) sisi ke sisi uirang lebih 6 in atau Templat:convert keatas sampai apinya berhasil dipadamkan. Berdiri beberapa kaki atau beberapa meter dari api: Alat Pemadam Kebakaran diproduksi untuk memadamkan api dari jarak jauh.
  • Apinya mungkin agak menyebar karena pemadam mulai memadamkan api dengan cara menekan sumber api dari bahan yang terbakar (target aslinya) oleh agen dan hembusan propelan. Jangan khawatir karena itu akan padam dengan segera.
Sadarlah bahwa tipikal Alat Pemadam Kebakaran akan berisi sekitar 10 detik tenaga pemadam.
Jika pemadam telah digunakan sebelumnya, waktu pemakaiannya akan berkurang.

  • Jika api tidak merespon dengan baik setelah Anda menggunakan Alat Pemadam Kebakaran , menjauhlah dan pergi ke tempat yang aman secepat mungkin.
  • Jika ruangan penuh dengan asap, keluarlah dengan segera.


Jaga area jika Anda telah berhasil memadamkan api.

Ini berarti tidak meninggalkannya begitu saja, karena bisa jadi pemicu kebakaran akan timbul lagi tanpa adanya peringatan. Jika hal ini aman untuk dilakukan, singkirkan sumber bahan bakar dan mulai bersih-bersih. Air dapat digunakan untuk memastikan tidak ada percikan yang tersisa pada material yang aman dipadamkan dengan air (sebagian besar bahan selain minyak dan cairan yang mudah terbakar lainnya dan tempat yang tidak melibatkan listrik). Departemen pemadam kebakaran dapat membantu Anda untuk memastikan jika api sudah benar-benar padam. Jika secara hukum Anda wajib melaporkan api kepada pihak yang berwenang setempat, lakukanlah, terutama untuk tujuan pengisian formulir klaim asuransi.

Segera dapatkan Alat Pemadam Kebakaran yang baru. Yang lama sekarang sudah habis dan tidak terpakai lagi. Jangan biarkan Alat Pemadam Kebakaran kosong berada di ruangan karena dapat menciptakan kesan yang salah dengan menjadi Alat Pemadam Kebakaran yang masih bisa digunakan. Alat Pemadam Kebakaran multifungsi adalah yang terbaik untuk rumah; periksa apakah ada label dari laboratorium pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran. Beberapa Alat Pemadam Kebakaran dapat diisi ulang; sementara yang lebih kecil, menggantinya mungkin akan lebih murah.

  • Alat Pemadam Kebakaran harus dipasang di dinding di tempat yang mudah dijangkau. Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang belum bisa bertanggung jawab penuh untuk ditinggalkan sendirian.
  • Adalah ide yang bagus untuk selalu menyimpan Alat Pemadam Kebakaran di dapur, jauh dari sumber panas seperti kompor atau permukaan memasak.
  • Tempat tepat lainnya untuk menyimpan Alat Pemadam Kebakaran termasuk: mobil Anda, garasi (terutama jika Anda menggunakan peralatan las atau produk yang mudah terbakar), mobil karafan atau RV, dan perahu Anda. Pada setiap kasus, tempatkan pada tempat lain yang bisa dijangkau dan terlindungi dari elemen luar.
  • Pastikan bahwa semua orang di dalam rumah mengetahui dimana letak Alat Pemadam Kebakaran dan bagaimana cara menggunakannya (asalkan mereka cukup umur dan bertanggung jawab untuk dapat melakukannya).

Tips

  • Milikilah selalu rencana jalur keluar jika terjadi kebakaran, serta pasang alarm pendeteksi asap. Detektor karbon monoksida juga bisa berguna.
  • Singkirkan bahan bakar, oksigen atau panas untuk menghilangkan api. Jika ketiga elemen tersebut hilang, reaksi kimia yang menciptakan api tidak akan terjadi.
  • Alat Pemadam Kebakaran perlu dicek secara teratur untuk memastikan bahwa:
    • Alat Pemadam Kebakaran tidak terhalang oleh furnitur, pintu, atau apapun yang dapat membatasi akses menuju pintu darurat.
    • Tekanan berada pada tingkat yang direkomendasikan. Beberapa Alat Pemadam Kebakaran mempunyai alat pengukur yang menunjukkan bila tekanan terlalu tinggi atau terlalu rendah.
    • Semua bagian dapat dioperasikan dan tidak rusak atau dibatasi dengan cara apapun. Pastikan selang dan nosel bebas dari serangga atau puing-puing. Tidak boleh ada tanda-tanda kerusakan atau penyalah gunaan, seperti penyok atau karat pada Alat Pemadam Kebakaran .
    • Bagian luar Alat Pemadam Kebakaran bersih. Bersihkan jika ada minyak atau lemak yang mungkin menumpuk pada bagian luar Alat Pemadam Kebakaran .
  • Kocok Alat Pemadam Kebakaran kimia kering sebulan sekali untuk mencegah bubuknya membeku. Periksa rekomendasi pemroduksi.
  • Uji tekanan Alat Pemadam Kebakaran (sebuah proses bernama proses hidrostatik) setelah beberapa tahun untuk memastikan bahwa silindernya aman digunakan. Cari tahu pada buku panduan manual, pada label, atau pemroduksi ketika Alat Pemadam Kebakaran mungkin membutuhkan tipe tes ini.
  • Segera ganti Alat Pemadam Kebakaran jika butuh untuk diisi ulang atau sudah rusak dengan cara apapun.
  • Kebanyakan pemadam kebakaran setempat akan dengan senang hati menunjukkan bagaimana cara menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Panggil pemadam kebakaran lokal di tempat Anda untuk mengetahui lebih lanjut. Anda mungkin perlu mengatur waktu untuk melakukannya. Banyak kota yang mengadakan demonstrasi bulanan.
  • Badan Administrasi Pemadam Kebakaran Amerika Serikat tidak menganjurkan untuk menggunakan Alat Pemadam Kebakaran bagi orang yang tidak terlatih Namun hal ini hanya anjuran dan kadang tidaklah realistis, seringnya cukup mudah untuk mendapatkan pelatihan dari departemen pemadam kebakaran setempat, jadi gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin untuk menjadi “terlatih”.


Peringatan

  • Perlu diketahui bahwa bubuk dari Alat Pemadam Kebakaran kimia kering akan merusak beberapa alat elektronik. Jika Anda membeli Alat Pemadam Kebakaran untuk tempat yang ada banyak barang elektroniknya, cobalah untuk menghindari jenis ‘kimia kering’. Sebaiknya, gunakanlah Alat Pemadam Kebakaran CO2 atau halon. Jagan gunakan tipe basah, itu bisa menyebabkan aliran listrik dan arus pendek.
  • Jangan gunakan Alat Pemadam Kebakaran jika tidak ada api, jika Anda tidak terlatih dan Anda tidak sedang dikejar-kejar pistol.
  • Jika menggunakan Alat Pemadam Kebakaran CO2 , jangan memegang ujungnya (dimana CO2 keluar), karena bisa sangat dingin.
  • Perlu diketahui bahwa Alat Pemadam Kebakaran berbahan dasar bukan air didesain untuk menangani api yang lebih “halus” . Jauhkan dari organ pernafasan!
  • Alat Pemadam Kebakaran mengganti pengisian dengan sangat cepat. Lakukanlah kontrol dengan semprotan Anda dan cobalah untuk memadamkan api secara merata.
  • Merupakan tindakan pidana jika menyalahgunakan penggunaan Alat Pemadam Kebakaran .
  • Pastikan Anda memiliki kelas Alat Pemadam Kebakaran yang tepat untuk bahan bakar. Sebagai contoh, sangatlah berbahaya menggunakan Alat Pemadam Kebakaran berbahan air pada api listrik atau cairan yang mudah terbakar.

Tagged , , , , , ,

Written by Agus Sadeli

Berpengalaman menjadi IT Support selama 2 tahun dan menjadi Content Development untuk perusahaan Sonick Pemadam Api.

http://www.isiulangalatpemadamapi.com/

Comments are closed.

Informasi lainnya Seputar Alat Pemadam Kebakaran

Selengkapnya

Copyright © 2017 Alat Pemadam Api. Powered by Sonick Pemadam Indonesia.